untuk kalangan sendiri :

makhluk hidup apakah yang pertama hidup dunia? pertanyaan ini sering kali dipertanyakan dan ada banyak perdebatan mengenai hal ini dalam dunia science, juga yang tertulis didalam kitab suci. science adalah ilmu pasti yang didasarkan pada fakta yang terukur dan dapat dibuktikan secara matematis atau berdasarkan uji coba yang pasti tentu suatu fakta yang dibuktikan secara eksakta mempunyai nilai kebenaran. apakah semua yang tertulis didalam Alkitab adalah benar dan dapat dibuktikan? jawabannya ya, saya mengimani bahwa semua yang tertulis disana adalah suatu kebenaran, hanya saja pengetahuan kita sebagai manusia sangatlah terbatas untuk dapat menjelaskan maksud dari alkitab yang saya imani bahwa rahasia terbesar dunia ada tertulis disana.
kita kembali ke topik mengenai makhluk hidup pertama di dunia, di alkitab tidak tertulis secara rinci mengenai makhluk hidup pertama yang hidup di bumi, hanya tertulis bahwa Allah menciptakan tumbuh-tumbuhan pada hari ketiga (kej 1:11-13) . mari kita cermati, Allah menciptakan tumbuh-tumbuhan pada hari ketiga dan pada hari ketiga belum terdapat matahari, Allah baru menciptakan matahari pada hari keempat (kej 1:14-19). Seperti yang kita ketahui bersama bahwa unsur yang sangat berperan dalam kelangsungan hidup makhluk hidup adalah oksigen tanpa oksigen suatu makhluk tidak dapat hidup (kecuali makhluk anaerobik) dan lagi Cahaya Matahari merupakan suatu kebutuhan primer dari makhluk hidup. bagaimana tumbuh2an dapat hidup jika tidak ada matahari? dan apakah awal penciptaan oksigen sudah tersedia?

air (H2O) adalah molekul pertama yang ada pada awal penciptaan, pada Kejadian 1 :2b tertulis 'Roh Allah melayang-layang diatas permukaan air, pada ayat berikutnya tertulis berfirmanlah Allah:' jadilah terang'. dan terang itu jadi. darimana datangnya terang itu, bukannya matahari diciptakan pada hari keempat, terang itu adalah Allah sendiri karena Allah adalah terang (1 yoh 1:5), sekarang kita tidak perlu mempersoalkan mengenai sumber cahaya bagi kelangsungan kehidupan karena ada sumber cahaya lain selain dari matahari. sekarang mari kita cari tahu mengenai Oksigen (O2) yang merupakan unsur terpenting bagi kelangsungan kehidupan.

Allah kita adalah Allah yang mengetahui segala sesuatu dan segala sesuatu itu diciptakan olehNya bagi kemuliaanNya. Ada suatu reaksi kimia fantastis yang diciptakan Allah demi kelangsungan kehidupan, reaksi itu disebut reaksi fotosintesis. mari kita tinjau mengenai reaksi fotosintesis:

Fotosintesis adalah suatu proses biokimia yang dilakukan tumbuhan, alga, dan beberapa jenis bakteri untuk memproduksi energi terpakai (nutrisi) dengan memanfaatkan energi cahaya. Hampir semua makhluk hidup bergantung dari energi yang dihasilkan dalam fotosintesis. (http://id.wikipedia.org/wiki/Fotosintesis).

6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6O2

http://www.biologycorner.com/resources/photosynthesis.jpg

sekarang kita tahu bahwa untuk menghasilkan oksigen diperlukan cahaya dan sebagai converter diperlukan klorofil sebagai penangkap cahaya. sekarang apakah hubungan semuanya itu dengan makhluk hidup pertama di dunia? ijinkan saya untuk memperkenalkan pahlawan kita, namanya adalah Plankton, Plankton didefinisikan sebagai organisme hanyut apapun yang hidup dalam zona pelagik (bagian atas) samudera, laut, dan badan air tawar. Secara luas plankton dianggap sebagai salah satu organisme terpenting di dunia, karena menjadi bekal makanan untuk kehidupan akuatik. (http://id.wikipedia.org/wiki/Plankton), dan salah satunya yang sangat berperan penting dari proses fotosintesis adalah ganggang hijau biru, Cyanobacteria atau ganggang biru-hijau adalah filum (atau "divisi") bakteri yang mendapat energi melalui fotosintesis. Jejak fosil cyanobacteria telah ditemukan sejak 3,8 miliar tahun lalu. Cyanobacteria sekarang adalah salah satu kelompok terbesar dan terpenting bakteri di bumi. Cyanobacteria ditemukan di hampir semua habitat yang bisa dibayangkan, dari samudera ke air tawar ke batu sampai tanah dan adalah satu-satunya kelompok organisme yang mampu mengurai nitrogen dan karbon dalam kondisi tidak ada oksigen.
. (http://id.wikipedia.org/wiki/Cyanobacteria#Fotosintesis).
http://www.funbumperstickers.com/images/Plankton.gif

Organisme-organisme inilah yang memiliki senyawa klorofil yang berperan dalam proses fotosintesis guna menghasilkan oksigen. dalam Kej 1: 2-3 tertulis demikian "Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi. kita tahu sekarang bahwa terdapat suatu organisme yang berperan penting pada awal penciptaan dan ia ada di samudra raya yaitu plankton (lebih spesifik lagi ganggang hijau biru) yang tentu dipakai Allah untuk maksudNya, organisme ini yang kemudian menghasilkan Oksigen dengan memakai energi cahaya dari Allah dan klorofil yang dipunyainya sebagai pemberian Allah, oksigen yang dihasilkan kemudian memberi kontribusi besar bagi kelangsungan kehidupan di dunia.
tentu kita mempertanyakan apakah segampang itu penjelasannya, bukankah Allah menciptakan segalanya hanya dalam 6 hari, ya benar, 6 hari bagi Allah belum tentu 6 harinya manusia.

pertimbangkanlah sendiri, tentu tulisan ini tidak sepenuhnya benar, sebab sebagai manusia tentu kita tidak dapat menyelami pikiran Allah yang sangat besar, komentar dan masukan yang bertujuan membangun sangat diharapkan. (rudolf s bonay)

Share it

Followers