Di waktu senggang hampir sebagian besar waktuku aku habiskan didepan komputer, kebiasaan ini dimulai sejak aku merantau ke jakarta, salatiga, jogja hingga ke jerman. Komputer pertamaku adalah sewaktu aku duduk dikelas dua SMA, aku membeli sendiri CPU dari uang hadiah setelah aku mengikuti OSN 2005 di jakarta dan mendapat medali. Uang itu kemudian aku titipkan ke guruku yang mengerti banyak tentang komputer, waktu itu tujuan aku membeli CPU adalah untuk menonton video dan bermain game.
Aku hanya membeli CPU tanpa monitor karena uangku tidak cukup membeli monitor, CPU itu kemudian aku bawa pulang ke rumahku di Jayapura, aku dan ibuku kemudian membeli monitor untuk melengkapi CPU yang sudah kubeli. Komputer itu adalah komputer pertamaku, juga komputer pertama di rumah kami.

Komputer pertama itu lebih sering digunakan untuk memutar lagu dan bermain Solitaire, juga digunakan untuk mengetik jika ada tugas dari sekolah. Walaupun tidak banyak yang dilakukan, aku suka menghabiskan waktuku di depan komputer.

Aku berkenalan dengan internet sewaktu aku SMP kelas 3, waktu itu almarhum kakakku yang duduk di kelas 1 SMA, sering menghabiskan waktunya paling lama 1 jam di warnet kota jayapura. Saat itu yang bermain di warnet hanyalah anak-anak "gaul" dan pintar dan ia salah satunya, aku malu masuk ke warnet karena tidak mengerti apa yang harus aku perbuat disana. Ia yang pertama kali mengenalkanku dengan internet, saat itu hanya email dan MIRC yang aku tahu.

Karena sering menonton TV aku jadi terpengaruh dengan iklan 080989..empat kali..telkomnet instan. kabel telpon dirumahku kemudian aku sambungkan ke CPU, saat itu secara kebetulan sudah ada software telkomnet di komputerku. Dialing.. dan.. connected.. itulah awal aku mulai mempelajari banyak hal dari internet.

MIRC, dulu aku sering chatting menggunakan ini, chatting dengan MIRC sebenarnya hanya untuk ngobrol hal yang tidak jelas, sebagian besar penggunanya menggunakan nama samaran, namun beberapa pengguna dapat kita kenal karena selalu menggunakan nama yang sama. kata pertama yang diajukan adalah "asl" (age, sex, location), biasanya jika bertemu sesama jenis (sesama lelaki), maka saat itu juga percakapan selesai. MIRC sudah tidak pernah aku gunakan.

Seiring banyak kontak di email yahooku, maka yahoo-massenger adalah sarana yang baik untuk komunikasi internet. Yahoomassenger masih sering aku pakai hingga sekarang, namun hal tidak mengenakan pada yahoomassenger adalah jika disaat online ada seseorang yang kita hindari untuk mengobrol sedang online juga (misalnya Guru, bos, mantan Pacar, dll.).

Friendster adalah media sosial yang sempat beken dijamannya, dengan hadirnya facebook yang memberi tampilan lebih menarik, friendster mulai ditinggal penggunanya, aku salah satunya, akun friendster pertama kali aku buat sekitar tahun 2004.

Facebook adalah media sosial yang masih sangat sering aku gunakan hari ini, walau intensitasnya agak berkurang setelah sekian lama mempunyai akun facebook. Namun karena facebook selalu upgrade dan menawarkan hal-hal yang baru, aku tidak bosan menggunakannya. Bahkan di kampus tempat aku belajar, akun facebook adalah kewajiban jika tidak ingin ketinggalan informasi, facebook dijadikan media informasi primer untuk berbagi informasi di kampus, seperti jadwal kuliah yang berubah, tugas, jadwal ujian, dan lain sebagainya.

Karena kebiasaanku untuk menulis, mengomentari dan berbagi, aku jadi punya blog. Dengan lahirnya blog ini, lahir juga email baru dengan host Gmail, setelah memiliki Gmail aku jadi punya akun Youtube, dan Google+. Google+ tidak sering aku gunakan, karena ternyata facebook masih lebih menarik.

Twitter, media sosial yang satu itu menurutku adalah media informasi paling cepat, jika yang kita follow orang-orang/media yang tepat maka twitter penuh dengan informasi berguna, selain itu informasi satu arah twitter juga sangat berguna jika sedang galau dan ingin berkicau sepuasnya, berkicaulah dengan bijaksana laksana followermu akan bertambah.

aku juga punya beberapa akun media sosial yang sudah jarang aku buka dan mungkin username dan passwordnya sudah aku lupakan, seperti Plurk, Koprol, dll. Mereka hanya bagian dari penjelajahan internetku. Aku juga sering mengakses Kaskus, jika dulu aku suka mengejar Pertamax, kini kaskus aku buka hanya untuk membeli sesuatu. Pertamax tidak lagi kukejar karena kecepatan internetku tidak stabil tergantung lokasi.

Setelah tahu sedikit mengenai internet, aku jadi bisa mendesign website yang aku pelajari secara otodidak. namun karena webhosting gratis tidak dapat memberikan web address yang aku kehendaki, aku kemudian membuat web hanya untuk iseng.

Semakin sering aku menghabiskan waktuku didepan internet, kawanku di media sosial semakin banyak, tapi terkadang aku bingung mana kawan dunia maya dan mana kawan dunia nyata, karena banyak temanku di media sosial, aku bisa mengobrol kapan saja aku mau, tapi di dunia nyata ternyata kawan-kawanku sulit ditemui dan aku sudah jarang bertemu dengan mereka. Sekarang aku mulai mengerti siapakah kawan sejatiku. Terkadang karena hanya bertemu di dunia maya, pertemuan didunia nyata seperti hal yang asing dan bisa jadi aku kehilangan sedikit kemampuanku untuk bersosialisasi dan kehilangan predikat sebagai orang yang gampang bergaul. Kawan-kawanku di kota jayapura yang sangat sering membuatku tersenyum, jika aku pulang kampung merekalah yang ingin aku temui (keluarga sudah pasti).

Banyak yang bilang "Gunakanlah Internet dengan sehat", kalau mau lebih sehat jangan hanya internetan, olahraga yang teratur dan makan makanan bergizi.



0 komentar:

Followers