berkhayal itu terlalu mudah, siapa saja bisa berkhayal dan khayalan itu sesuatu yang indah. Cerita itu masih teringat dibenak saya, waktu itu ketika saya masih di sekolah dasar, cerita ini ada di buku pelajaran bahasa indonesia, salah satu pelajaran yang paling saya sukai sewaktu SD.

cerita itu menceritakan seorang peternak muda yang berkhayal, di pagi hari dia pergi untuk memerah susu sapi, dia membawa sebuah ember dan memerah susu sapi hingga ember itu penuh, diperjalanannya pulang ia berteduh dibawah pohon, pikirnya "disini sangat sejuk, biarlah aku istirahat sebentar". Ia meletakan ember berisi susu itu disampingnya dan menyandarkan punggungnya ke pohon itu, ia memandang ember penuh susu itu dan berkhayal hingga tertidur, pikirnya, "Susu ini akan kujual dan hasilnya akan kutabung, setelah sudah mencukupi aku akan membeli sapi kepunyaanku sendiri, setelah itu aku akan beternak sapi dan menghasilkan banyak susu, aku akan menjadi peternak sapi yang kaya dan mempunyai banyak pekerja, setelah itu aku akan menikah dengan seorang wanita cantik, mempunyai banyak anak dan hidup bahagia", fyuuhh.. angin bertiup kencang menyambar pohon itu, sebuah buah apel jatuh tepat mengenai kepalanya, ia tergaket dari tidurnya, tangannya tak sengaja mendorong ember itu dan semua susu yang sudah diperahnya dengan susah payah tumpah ke tanah.

Saya tidak begitu ingat hikmah dari cerita itu, tapi kalau saya ingat-ingat, cerita itu menyalahkan peternak muda itu, ia berkhayal sangat tinggi dalam tidurnya dan semua khayalannya sia-sia akibat susu diembernya tumpah ke tanah. hmm.. mungkin itu hanya cerita bagi anak SD, khayalannya itu adalah cita-citanya dan tidak akan sia-sia kalau ia benar-benar berjuang dan mengejar mimpinya itu, peristiwa jatuhnya susu itu mungkin akhir dari cerita pendek itu, tetapi kehidupannya masih berlanjut dan kita semua tidak mengetahui apa yang terjadi selanjutnya.

Semua itu dimulai dari bermimpi, semua itu dimulai dari khayalan, hidup anda adalah sebuah cerita yang berkelanjutan, dan saya percaya kalau cerita hidup itu benar-benar merupakan sesuatu sangat indah. buatlah skenario dari cerita hidup anda sendiri dan jalanilah itu, bila cerita itu kurang menarik, perbaikilah skenario itu dan buatlah menjadi lebih menarik, bila skenario itu sangat susah untuk dijalani, buatlah menjadi lebih mudah, tetapi skenario yang lebih susah itu merupakan suatu tantangan yang menarik buat anda untuk anda jalani, juga merupakan suatu pelajaran penting bagi pengembangan karakter anda, hidup itu bukan sandiwara dan kita tidak sedang bermain sandiwara, kita sedang sedang menjalani sebuah cerita dan cerita itu berjudul "kehidupan", kehidupan anda dan kehidupan saya. (rudolf s bonay)

1 komentar:

mimpi adalah tujuan yang harus dicapai... mimpi dapat membangkitkan semangat dan motivasi seseorang untuk memujudkan impiannya....

Followers