Mau kuliah di jerman tapi tidak tau mau mulai dari mana? saya juga pernah mengalami hal yang sama. Dari pada bingung dan ikut bermacam-macam seminar "study abroad" dan menghabiskan banyak uang, beberapa pengalaman saya ini mudah-mudahan dapat bermanfaat dan membantu: 

1. Mendaftar (Bahasa Jerman penting, english is ok).
Jika anda menguasai bahasi asing seperti bahasa inggris atau lebih baik lagi bahasa jerman atau setidaknya anda sedikit mengerti salah satu dari kedua bahasa tersebut, anda sudah dapat mendaftar kuliah di berbagai universitas di jerman. Sebagian besar universitas di jerman menerapkan pendaftaran secara online dan sangat mudah, pendaftaran juga bisa dilakukan dalam bahasa inggris atau jerman. sebagai contoh adalah pendaftaran online di universitas tempat saya belajar di uni-muenster.

sambil mendaftar tentu anda bisa menggunakan kamus/google translate jika ada pertanyaan yang tidak anda mengerti. Selain itu, pendaftaran anda bisa di-pending dan "save" dulu jika ada dokumen yang belum tersedia dan bisa anda lanjutkan nanti.

pendaftaran kuliah di universitas jerman pada umumnya gratis.

2. Daftar ke banyak Uni
Seperti yang pernah saya lakukan, saya menyarankan anda untuk melakukan pendaftaran ke banyak universitas di Jerman, sebagai pertimbangan universitas mana yang ingin anda pilih sesuai minat jurusan anda, anda dapat melihatnya di lembaga yang memberikan ranking kepada universitas di jerman, salah satunya yang menurut saya baik adalah disini.

Anda juga bisa menggunakan portal DAAD untuk mencari universitas yang menawarkan tempat studi di universitas mereka.

selain itu anda juga bisa melakukan pendaftaran melalui uni-assist. Uni-assist adalah penyalur yang melakukan seleksi awal pendaftaran anda ke universitas yang anda tuju. Beberapa universitas menginginkan anda melakukan pendaftaran harus melalui uni-assist, tetapi banyak juga universitas yang bisa langsung anda daftar. Uni-assist biasanya menerapkan biaya pendaftaran jika anda mendaftar lebih dari 1 universitas pada semester yang sama. Selain itu seleksi dokumen uni-assist kadang lebih ketat dibanding seleksi universitas itu sendiri. 

Keuntungan pendaftaran melalui uni-assist adalah anda hanya perlu mengirimkan dokumen ke uni-assist saja, tidak perlu ke banyak universitas, tapi kita bisa mengakalinya. bagaimana?? nanti kita bahas dibawah.

Sebelum mendaftar, pikirkan baik-baik kota mana yang ingin anda tinggali nanti dan berapa kisaran biaya hidup disana sebagai pertimbangan pilihan universitas. Sebagai contoh Ludwig Maximillians Universitaet Muenchen (LMU Muenchen) adalah universitas top di jerman, tetapi biaya hidup di Muenchen hampir dua atau tiga kalinya biaya hidup di kota lain di Jerman. Di Berlin atau Muenster biaya hidup lebih murah dan kualitas universitasnya juga tidak berbeda jauh. Anda harus banyak bertanya atau bertanyalah pada "Google".

3. Persiapkan Dokumen sesuai permintaan
Dokumen yang perlu dipersiapkan pada umumnya sama yaitu Ijazah dan trankrip nilai (Diterjemahkan dalam bahasa Inggris atau Jerman), sertifikat bahasa (jika sudah ada) dan CV. Jika ingin mendaftar Stud-Kol, sertifikat bahasa asing belum diperlukan.

Terjemahan Ijasah oleh universitas atau sekolah terkait biasanya diberikan secara cuma-cuma, mintalah kepada universitas/sekolah terkait untuk menterjemahkan ijasah anda ke dalam bahasa inggis. Jika ingin memakai penterjemah tersumpah anda bisa menghubungi kedubes atau konsulat jerman, kalau yang ini harus bayar. 

Untuk mendaftar jenjang S2 biasanya diminta untuk membuat hanya 1 lembar Letter of Motivation, boleh dalam bahasa inggris atau jerman dan bukti kemampuan bahasa asing. 

Karena Letter of Motivation hanya diminta 1 lembar tulislah seperlunya saja, gambarkan tentang latar belakang pendidikan anda, tujuan anda kedepan dan kenapa anda ingin kuliah di universitas tersebut.

Bukti kemampuan bahasa asing jika mengambil kelas internasional (bahasa inggris) diantaranya TOEFL ibt, IELTS atau sertifikat C1 dan jika mengambil kelas reguler (bahasa Jerman) diantaranya sertifikat DSH atau DaF. 

Untuk mendapat 1 sertifikat diatas tentu perlu kerja keras dan kesungguhan. Saran saya, tentukanlah pilihan anda, sertifikat mana yang ingin anda peroleh dan fokuslah untuk memperoleh sertifikat itu saja. Lebih baik jika mengikuti kursus untuk tujuan khusus memperoleh sertifikat tersebut.

Perlu diketahui walau anda belum punya sertifikat bahasa atau bahkan anda belum lulus-pun, anda sudah boleh mendaftar ke universitas di jerman. Jika anda diterima, kemudian barulan anda harus memenuhi persyaratan yang diminta untuk kualifikasi masuk universitas terkait dengan batas waktu yang ditentukan. 

Yang jelas semua dokumen yang diperlukan/diminta akan diberitahu pada saat anda melakukan pendaftaran secara online. Jadi, mulailah dengan mendaftar.

Setelah melakukan pendaftaran secara online anda akan diminta untuk mengirimkan formulir pendaftaran dan dokumen lainnya via post. (namun ada beberapa universitas yang hanya menerapkan pendaftaran 100 % online dan gratis, contohnya adalah Universitaet Bremen dan Universitaet des Saarlandes)

4. Punya Alamat di Jerman (Post Anschrift)
Akan lebih mudah jika anda punya kenalan di Jerman, sehingga anda dapat menggunakan alamatnya sebagai alamat anda. Jika anda mendaftar ke banyak universitas di jerman, tentu anda harus mengirimkan dokumen ke banyak universitas  dan memakan banyak biaya. Sebagai contoh pengiriman 1 dokumen ke 1 universitas bisa seharga 500 ribu dengan DHL, jika ke 10 universitas sudah 5 juta. Sebagai alternatif, anda dapat mengirimkan seluruh dokumen hanya ke satu alamat yaitu alamat kenalan anda di jerman. Kenalan anda tersebut kemudian akan mendistribusikannya melalui pos lokal dengan harga yang jauh lebih terjangkau dan lebih praktis.

Selain itu anda dapat menggunakan alamat kenalan anda tersebut sebagai alamat anda (c/o /post Anschrift), sehingga jika anda mendapat surat penerimaan (Zulassung) dari universitas, akan jauh lebih cepat anda menerima kabar dibanding harus menunggu surat datang ke Indonesia. Surat itu kemudian bisa di scan untuk anda print kemudian jika dibutuhkan (untuk apply visa, dll). 

Pemberitahuan mengenai penerimaan universitas sebenarnya juga anda terima melalui email, yang juga berisi surat penerimaan/zulassung, dan informasi lain seperti apa yang harus anda lakukan kemudian (termasuk mengurus visa, apa yg harus saya lakukan di awal kedatangan nanti, tempat tinggal, siapa yang harus dihubungi, dll., intinya universitas di Jerman sangat mengerti kebutuhan anda sebagai mahasiswa asing). Jadi tidak perlu kuatir. 

5. Daftar Sedini Mungkin
Jika memang niat untuk ke Jerman, daftarlah sedini mungkin walau belum lulus. Contoh untuk jenjang S2, misalnya sekarang anda sedang mengerjakan skripsi, anda sudah bisa mendaftar ke universitas di jerman dengan transkript nilai anda. sambil menghitung hari kira-kira kapan anda lulus, misalnya anda akan lulus di bulan agustus 2014 nanti, sekarang masih bulan maret 2014, maka anda bisa mendaftar untuk winter semester 2014 (Oktober 2014) atau jika baru lulus Desember, maka anda bisa mendaftar untuk Summer Semester 2015 (April 2015). 

6. Jadi Pendaftar Cerdas
Sambil mendaftar dan menunggu jawaban, anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya. Seperti kursus bahasa untuk mengejar TOEFL atau DaF, mencari-cari informasi beasiswa, mengurus passport (buat yang belum punya) dll.

7. Setelah dapat Zulassung
setelah mendapat Zulassung/surat penerimaan, anda sudah bisa apply visa di kedubes jerman jakarta atau di konsulat jerman surabaya. Apply visa sebenarnya juga sudah bisa di lakukan dengan bukti pendaftaran ke universitas. Ketentuan permohonanan visa studi bisa dilihat disini.

Selain itu dengan surat penerimaan, anda sudah bisa mendaftar untuk mendapat tempat tinggal di asrama mahasiswa universitas terkait untuk kemudian hari, karena biasanya anda akan di masukan ke waiting list sambil menunggu ada kamar yang kosong. Pendaftaran gratis dan tidak masalah jika anda tidak jadi mengambilnya nanti.

Jika anda tidak memiliki beasiswa, persyaratan utama untuk permohonan visa yaitu anda harus punya rekening di jerman dan rekening tersebut harus berisi paling sedikit 8040 Euro (2014) sebagai uang jaminan untuk satu tahun. informasinya bisa klik >> (blocked account).

8040 Euro bukanlah uang yang sedikit bagi sebagian besar mahasiswa. Dengan surat penerimaan dari jerman anda bisa apply ke beberapa lembaga yang menawarkan sponsor/beasiswa, yang paling terkenal adalah DAAD dan Erasmus, tentu sebelum apply beasiswa anda harus memenuhi persyaratan seperti kemampuan bahasa, standar nilai, dll.. Banyak juga yayasan dari Jerman yang menawarkan beasiswa daftanya bisa anda liat disini (sayangnya website-nya dalam bahasa jerman).

Semuanya bisa berjalan dengan baik jika anda mempersiapkan segala sesuatu sedini mungkin. Dan jika ada kemauan, pasti ada jalan. Selamat berjuang.

schoene Gruesse aus Deutschland!


1 komentar:

This comment has been removed by a blog administrator.

Followers